Ditulis pada tanggal 8 November 2017, oleh admin, pada kategori Berita, Informasi, Kegiatan

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Brawijaya (LP3M UB) melaksanakan Workshop Evaluasi dan Penyegaran SNPT 2015 Kurikulum Prodi serta Kajian Ketercapaian Capaian Pembelajaran di Ballroom Lantai I Ijen Suite Hotel, Senin (6/11/2017) .

Kegiatan yang diikuti oleh Kaprodi seluruh Fakultas di Universitas Brawijaya (UB) ini dibuka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. Untuk angkatan ini ada sekitar 60 Perwakilan dariprodi yang diundang dari 167 jumlah prodi yang ada di seluruh fakultas di UB.

Dalam sambutannya Ketua LP3M UB Prof. Dr. Munawar, SE., DEA., mengatakan menurut undang-undang yang baru, kurikulum diawali oleh rumusan tentang capaian pembelajaran dan diikuti berbagai proses pengajaran.

“Termasuk metode pengajaran untuk labnya, keahlian dosen, kompetensi dosen dan segala macam itu harus mengacu pada capaian pembelajaran. Oleh karena itu kurikulum dan khusunya capaian pembelajaran menjadi kunci utama untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan, baik itu kegiatan pembelajaran maupun kegiatan penelitian dan pengabdian,” ujar Munawar.

Lebih lanjut Munawar menjelaskan bahwa kurikulum terus berubah yang awalnya dari KBK menjadi sekarang KKNI. Dan dalam kontek KKNI, kurikulum acuannya kepada Learning Outcome. Faktanya Learning Outcome di lingkungan UB relatif belum establish. Terbukti dari sekian proses AUN QA ada enam prodi yang sudah tersertifikasi. Dalam AUN QA itu Learning Outcome selalu menjadi persoalan yang direkomdendasikan untuk diperbaiki.

“Dari bukti ini bisa dikatakan bahwa meskipun UB itu rankingnya sudah nasional dan sudah establish tetapi kalau kita meneliti lebih jauh tentang kurikulum terutama capaian pembelajarannya masih perlu melakukan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan salah¬† satu pusat di LP3M menyelengarakan workshop tentang kurikulum prodi, lebih fokus lagi tentang Learning Outcome pada masing-masing prodi dengan harapan nanti Learning Outcome kurikulum masing-masing prodi itu semakin lebih baik,” katanya. [ronny/Humas UB]


Hit Counter provided by shuttle service from lax