Sebagai unit kerja penunjang pelaksana akademik Universitas Brawijaya (UKPPA-UB) yang bersandar pada sistem manajemen mutu (SMM) SNI ISO 9001:2008, maka LP3-UB senantiasa melaksanakan tinjauan manajemen setiap akhir tahun, hal ini dilakukan sebagai evaluasi kinerja selama 1 tahun agar tercapainya pemenuhan mutu sesuai dengan standard (harapan). Secara umum, proses tinjauan manajemen LP3-UBĀ adalah sebagai berikut :

  1. Persiapan tinjauan manajemen. Diawali dengan penyusunan konsep teknis pelaksanaan tinjauan manajemen, terdiri dari jadwal, data yang diperlukan untuk bahan tinjauan manajemen dan pembagian tugas. Selanjutnya, rapat pleno LP3-UBĀ akan memberikan koreksi dan persetujuan terhadap konsep pelaksanaan tinjauan manajemen.
  2. Pelaksanaan tinjauan manajemen. Pengumpulan data terkait program LP3-UB oleh masing-masing bidang dengan mengacu kepada sasaran mutu LP3-UB. Masing-masing bidang diberi waktu untuk membahas capaian sasaran mutu masing-masing. Hasil pembahasan tersebut disertai dengan uraian hambatan, koreksi dan pencegahan/terobosan baru yang dilakukan dalam pelaksanaan program-programnya. Hasil pembahasan tersebut disampaikan kepada sekretaris LP3-UB, selaku management representative, untuk dilakukan kompilasi dan analisis efektifitas dan efisiensi sistem.
  3. Pelaporan tinjauan manajemen. Hasil kompilasi dan analisis efektifitas dan efisiensi sistem di LP3-UB dirumuskan dalam suatu laporan tertulis. Konsep laporan tertulis tersebut disampaikan kepada semua personil LP3-UB untuk diperiksa ulang. Selanjutnya, revisi terhadap laporan disampaikan kepada pimpinan Universitas Brawijaya untuk mendapatkan arahan dan kebijakan terkait organisasi LP3-UB.