Ditulis pada tanggal 11 Juni 2012, oleh admin, pada kategori Berita

Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Brawijaya (LP3-UB)telah menyelenggarakan Pelatihan e-Learning. Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari, sabtu-minggu(9-10/6) yang dipusatkan di Laboratorium Komputer PTIK Puskom dan  diikuti oleh Dosen Mata Kuliah Umum (MKU) Universitas Brawijaya.

Pembantu Rektor I UB, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS saat membuka acara menyampaikan bahwa pengembangan pembelajaran berbasis e-Learning dapat membantu Dosen melaksanakan  tugasnya  dalam proses belajar mengajar dan juga meringankan pekerjaan dosen dalam memberikan materi, tugas dan evaluasi pembelajaran. Pasalnya, rasio dosen dan mahasiswa di MKU sangat tinggi. Beberapa Pemateri yang berkompeten dalam sistem pembelajaran e-Learning terlibat dalam kegiatan ini, di antaranya Prof. Dr. Agus Suman, SE, DEA; Ir. Moh. Sholichin, MT, Ph.D; Drs. Sugeng Rianto, M.Sc, Ph.D; Raden Arief Setyawan, ST, MT; Adharul Muttaqin, ST, MT; Ir Heru Nurwarsito, M.Kom; Rosihan Asmara, SE, MP dan dibantu oleh Asisten Pemateri yaitu Ashe Firman Faisol, AP, A.Md; Jedik Kurniawan, AP, ST dan Satrio Pandu Wiguno, SE.

E-learning merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang berorientasi aktivitas mahasiswa ini juga terkait dengan peningkatan daya saing Perguruan Tinggi. Daya saing perguruan tinggi dalam pengembangan Akademik ditentukan oleh tiga elemen yaitu pengetahuan luas yang ditentukan oleh fast-learner student, Budaya belajar secara mandiri, dan sistem belajar-mengajar yang selalu inovatif dan up to date. Diharapkan setalah pelatihan ini, Dosen MKU dapat meningkatkan jumlah  digitalisasi bahan ajar, meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran dengan metode E- learning, dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian kompetensi MKU.

Drs. Muh. Subky Hasby, M.Ag, merasa senang dapat mengikuti pelatihan ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kemampuan Dosen MKU dalam mengimplementasikan sistem E- Learning.Saat acara penutupan, Prof. Dr. Agus Suman, SE, DEA selaku Ketua LP3-UB berpesan kepada  para peserta pelatihan e-Learning agar tidak segan-segan untuk berkomunikasi dan diskusi dengan LP3-UB  demi kemajuan Universitas yang kita cintai ini.  Pada kesempatan tersebut tiap peserta diberikan sertifikat sebagai tanda keikutsertaan dan keberhasilan dalam mengikuti pelatihan.[AFF]