Monitoring dan Evaluasi Hibah Penguatan Kelompok Kajian dan Pusat Studi

Tahun 2017 pengelolaan program hibah untuk penelitian dilakukan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), dengan pengelolaan program hibah di bawah LPPM UB diharapkan dapat meningkatkan performa penelitian, baik dari sisi manajemen, fasilitas penelitian dan kualitas sumberdaya manusia.

Penerima hibah adalah Kelompok Kajian dan Pusat Studi yang telah lolos seleksi dan memiliki sasaran pada pusat studi-pusat studi yang telah resmi diakui oleh Rektor Universitas Brawijaya dan kelompok kajian-kelompok kajian yang diakui oleh Dekan/Direktur/Ketua Program. Pengakuan kelembagaan Pusat Studi dan Kelompok Kajian tersebut berdampak baik pada upaya pembinaan dan pendampingan penerima hibah.

Mengingat pendanaan program penguatan hibah kelompok kajian dan pusat studi tersebut melalui dana mandiri oleh Universitas Brawijay, tidak lagi didanai oleh Dikti pada program Program Hibah Kompetisi (PHK) Dikti, maka perlu dilakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Penguatan Kelompok Kajian dan Pusat Studi oleh Pusat Jaminan Mutu dibawah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M).

Fokus Monev antara lain adalah 1) untuk mengevaluasi pencapaian tujuan program 2) untuk mengetahui pengelolaan atau manajemen pelaksanaan kegiatan, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana hasil kegiatan Kelompok Kajian dan Pusat Studi penerima hibah dapat berdampak dan bermanfaat tidak hanya pada tim pelaksana yang terlibat, tetapi juga bagi UB.

Pada tahun anggaran 2017, UB mengalokasikan dana hibah kepada 34 penerima hibah sebagai bagian dari upaya pengembangan Kelompok Kajian dan Pusat Studi di UB. Aktifitas Monev tahun 2017 terbagi menjadi dua tahap, yaitu: tahap 1 dimana reviewer melakukan desk evaluationlaporan akhir penerimaan 70% anggaran dan site visit di lokasi pengelola Kelompok Kajian dan Pusat Studi, dan tahap visitasi dimana reviewer melakukan klarifikasi hasil desk evaluation.

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang digunakan reviewer dan penerima hibah (Kelompok Kajian dan Pusat Studi) dalam mempersiapkan dan melaksanakan program Monev PHK 2017.

  1. Buku Panduan Penyusunan Laporan Akhir
  2. Jadwal Visitasi Monev Kelompok Kajian dan Pusat Studi
  3. Nomor Telepon Ketua Kelompok Kajian dan Pusat Studi
  4. Nomor Telepon Reviewer Monev Kelompok Kajian dan Pusat Studi
  5. Dokumen 00 Cross Reference untuk Penyusunan Borang Penilaian dan Komentar Terkonsolidasi Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  6. Dokumen 01 Checklist Capaian Indikator Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  7. Dokumen 02 Checklist  Kegiatan Monev Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  8. Dokumen 03 Borang Penilaian Monev Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  9. Dokumen 04 Borang Komentar Terkonsolidasi Monev Pusat Studi dan Kelompok Kajian
  10. Dokumen 05 Instrument Pemetaan Pusat Studi dan Kelompok Kajian