Dalam perkembangan kesejarahannya, UPT MKU mengalami beberapa kali reposisi. Tahun 1985 sebagai Jurusan MKDU di Fakultas Hukum, tahun 1993 sebagai UPT MKDU di bawah Universitas, dan tahun 1997 menjadi UPT MKU dengan kewenangan penyelenggaraan pendidikan lebih luas. Pada tahun 2002, kewenangan UPT MKU terbatas pada  pembinaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), pengoordinasian dan pendistribusian pengajar ke fakultas/jurusan.

Reposisi dengan pasang surut wewenang tersebut tidak mempengaruhi peran UPT MKU sebagai unit pelayanan yang konsens membina dan memantau penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi kepada pengembangan kepribadian. Hingga kini UPT MKU tetap eksis mengelola kelompok MPK yang  terdiri atas Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, serta Pancasila.

Dalam perkembangan sejarahnya, Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) semula bernama Mata Kuliah dasar Umum (MKDU). Berdiri sejak 1983 sebagai pelaksana SK. Dikti No. 174/0/1983 tentang penataan jurusan di lingkungan universitas/institut negeri. MKDU  Universitas Brawijaya 1985 berubah statusnya menjadi Jurusan MKDU yang secara administratif berada di Fakultas Hukum walaupun secara operasional berada di tingkat universitas.

>> Selengkapnya


Hit Counter provided by shuttle service from lax